Definisi Masjid

masjidMasjid ( tempat sujud )

Secara umum merupakan bangunan tempat beribadah umat muslim,,masjid diambil dari kata sajada > sujud > masjad/masjid  : mengandung arti taat,patuh ,tunduk dengan rasa takzim penuh hormat.jika di satukan kata masjid atau tempat sujud berarti,selain berarti bangunan tempat beribadah umat islam bisa berarti juga tempat melakukan segala kegiatan yang berhubungan dengan ketaatan atau kepatuhan kepada Allah swt.
Dengan demikian masjid kalau di ibaratkan sebagai tempat berlabuh,bersauh atau pangkalan tempat umat muslim berteduh,memohon,berlindung,dan yang lainnya yang berhubungan dengan RobbNya dengan mencerminkan ketaatan seorang muslim.

Adapun  pungsi Masjid salah satu,diantaranya adalah tempat peribadatan agama islam,sebagai tempat kegiatan sosial masyarakat,sebagai sarana pendidikan tempat menuntut ilmu,tempat kegiatan keagamaan,dan yang lainnya yang berhubungan dengan kebaikan menurut agama islam.

" Maknanya Masjid  mengandung arti secara khusus ialah sebuah bangunan yang berdiri sebagai tempat ber dzikir seorang muslim kepada Allah swt.sebagaimana sabda Rosulloullah saw :

..إِنَّمَا هِيَ لِذِكْرِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ، وَالصَّلَاةِ وَقِرَاءَةِ الْقُرْآنِ..
(مسلم)

...(masjid itu) hanyalah di bangun untuk berdzikir kepada Allah azza wa jalla,shalat dan membaca al-Quran (Hr Muslim).

والله اعلم

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon